VGA (Video graphic Adapter) adalah perangkat Output yang bertugas untuk mengolah data menjadi tampilan grafis atau teks di layar monitor. VGA berfungsi menghubungkan sistem komputer dengan monitor. VGA card membutuhkan aplikasi pendukung yaitu driver. Driver ini berfungsi sebagai perantara sistem operasi dan kartu grafis.
Komponen-Komponen VGA Card :
- GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah prosesor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk
pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layer monitor.
- Video Memory
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dan sesudah
pemrosesan data pada GPU.
- RAMDAC (Random Access Memory Digital – Analog
Converter)
Berfungsi mengubah gambar digital menjadi sinyal
analog agar bisa digunakan oleh monitor.
- Bus Interface
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu
grafis. Pada umumnya, bus interface ini tipe AGP dan PCI-Express.
- Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor.
Umumnya terdapat 3 port display, antara lain DVI, VGA, TV-Out
- Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis
Terdapat 2 macam VGA :
- VGA On-Board
VGA yang sudah terintegrasi pada MotherBoard. VGA On Board menggunakan
RAM sebagai Memory VGA alias Share Memory.
- VGA Add-On
VGA yang terpisah dengan motherboard yang memiliki interface semacam PCI
atau AGP. Pada VGA Add On sudah memiliki GPU dan Memori sendiri.
Cara Kerja Kartu VGA :
Saat aplikasi yang dijalankan ingin menciptakan
sebuah citra, aplikasi tersebut akan meminta bantuan pada driver kartu grafis.
Driver grafis akan mendengarkan instruksi, baik dari OS atau dari aplikasi,
kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan mengkonversikannya menjadi
sebuah format yang dimengerti oleh kartu grafis tersebut.
Setelah itu, driver
menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk
melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu
VGA melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E)
Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan
dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai tempat penyimpanan sementara.
Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut lalu mengubahnya menjadi
pixel.
Pada titik ini, pixel belum
siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan dikirim kembali ke Video
RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada digital-to-analog
converter(DAC). Converter ini juga biasa disebut RAMDAC yang bertugas
menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh monitor.
Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui kabel.
Multi-VGA Technology
1.SLI (Scalable Link Interface)
Teknik penggabungan 2 buah video card dari nVIDIA
di dalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa / FPS. Biasanya
peningkatan yang didapatkan, hanya berkisar 40 – 60 % saja. Teknik yang
digunakan : SFR, AFR, SLI AA
2.CrossFire
Teknik Multi GPU yang sama dengan SLI, hanya saja
CrossFire ini dikhususkan untuk video card ATi. Perbedaannya terletak pada
arsitektur yang digunakan. CrossFire dibutuhkan satu VGA sebagai master, dan
satu lagi sebagai slave. Teknik yang digunakan: AFR, Scissor mode, Supertiling,
Super AA mode.
Definisi teknik Multi-VGA
SFR
Teknik rendering grafis, yang membagi gambar
(frame) menjadi dua bagian secara horizontal, dengan
setipa bagian gambar akan
dirender oleh masing-masing video card dalam konfigurasi SLI.
AFR
Teknik yang membagi proses rendering bergantian
untuk frame yang satu dengan frame berikutnya, tanpa terjadi pembagian area ke
tiap video card.
SLI AA
Teknik untuk memproses anti-aliasing yang dilakukan
oleh dua video card secara langsung dalam konfigurasi SLI
Scissor mode
Secara keseluruhan, sama seperti teknik SFR pada
nVIDIA, hanya ATi melakukan perubahan nama saja.
Supertiling
Teknik ini membagi frame gambar dalam bentuk
sejumlah area berbentuk segi empat layaknya papan catur dengan tiap area yang
bersebelahan dirender oleh videocard yang berbeda.
Super AA mode
Secara garis besar, teknik ini hampir sama seperti
yang dilakukan nVIDIA pada SLi AA.
Istilah Umum VGA Card
3Dpipeline
Jumlah seluruh langkah-langkah yang diperlukan
untuk menampilkan sebuah skenario 3D buatan pada monitor.
Anti-aliasing (AA)
Anti-aliasing adalah teknik untuk mengurangi
distorsi aliasing ketika menampilkan gambar resolusi tinggi di resolusi rendah.
Biasanya aliasing ini berbentuk jaggies, terutama pada penggambaran garis pada
sudut-sudut elevasi (posisi miring).
Anisotropic filtering
Metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas
gambar dari permukaan tekstur yang diperlihatkan pada posisi jauh.
Bump mapping
Sebuah tehnik yang menyediakan informasi kedalaman
tekstur yang bisa digunakan untuk menampilkan gambar seperti relief atau gambar
yang diberi efek emboss.
Frame buffer
Bagian dari memori grafis yang digunakan untuk
membuat sebuah gambar yang akan muncul pada monitor. Frame
buffer juga digunakan untuk membuat dan mengkalkulasikan efek transparansi.
Full-scene anti-aliasing
Menjelaskan sebuah tipe dari anti aliasing yang
diaplikasikan terhadap sebuah frame lengkap. Dua proses digunakannya ialah
Super sampling dan accumulated buffers.
High dynamic range rendering (HDR)
Adalah prosedur pencahayaan yang didesain untuk
mengemulasi, bagaimana variasi tingkatan cahaya di dunia nyata untuk jarak yang
sangat luas.
Shader
Suatu program komputer yang
dieksekusi di dalam lingkungan tertentu. Program ini digunakan untuk menentukan
karakteristik akhir dari permukaan objek atau gambar 3D.
Texture Mapping
Metode untuk menambahkan
detail tekstur pada permukaan, atau pewarnaan kepada gambar atau objek 3D yang
dihasilkan komputer.
Motion Blur
Efek yang memberikan kesan berbayang terhadap objek
yang bergerak cepat
Tips Merawat VGA :
§
Suhu VGA harus dijaga, jangan terlalu panas karena dapat merusak
chipset.
§ Pasokan listrik harus stabil. Pastikan PSU yang
digunakan berkualitas.
§ Jauhkan dari Kotoran dan debu yang menempel pada
VGA.
0 comments:
Post a Comment